Training Strategic Business Planning Jakarta

Training Strategic Business Planning Jakarta

Strategic Business Planning – Sebuah bisnis akan selalu bertemy dengan persaingan, ini menjadi hukum alam agar bisnis dapat berkembang dan mampu bertahan. Maka perlu adanya strategi bisnis untuk mencapai tujuan bisnis agar berjalan dengan efektif dan effisien. Tentu pada akhirnya kita mampu bertahan dan menghasilkan profit optimal dengan nilai bisnis yang bagus. Strategi bisnis bisa ditafsirkan sebagai sebagai satukesatuan upaya untuk mencapai tujuan bersama dalam perusahaan.Dalam menentukan strategi bisnis yang tepat perlu adanya kemampuan dan memahami prinsip-prinsip dasarnya. Dalam merancang stretagi tentuk tidak bisa didasarkan pada perasaan, insting, perkiraan atau asumsi belakang, namun perlu adanya data yang akurat sebagai dasarnya (Talk the data).

Yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara memperoleh data akurat. Anda tentu perlu membuat riset untuk dapat menganalisanya. Dengan data yang bagus, akan berdampak pada ketepatan dalam mengambil keputusan yang sesuai dengan tujuan bisnis. Jenis data yang bisa digunakan dalam menyusun strategi bisnis diantaranya data pola perilaku konsumen, market size, kebutuhan konsumen serta data penjualan secara keseluruhan atau setiap data penjualan setiap produknya serta yang sering diabaikan data keluhan atas pelanggan. Dari data tersebut, sebagai leader dalam sebuah perusahaan akan lebih mudah menentukan langkah dan keputusan bisnis.

Untuk mempermudah dalam menyusun strategi serta mudah mengaplikasikannya pada setiap departemen, jangan lupa membuat strategi dalam komunikasi dan pemantauan secara periodik. Dengan begitu anda bisa segera mendeteksi kendala dan hambatan sebagai pencegahan dari hasil yang tidak sesuai. Untuk media komunikasi strategi, sebuah rencana strategi baiknya berupa dokumen tertulis yang menjelaskan konsep dan tahapan detail implementasinya. Karena setelah melakukan perencanaan tanpa mudah diaplikasikan maka belum menenuhi rencana strategi yang baik. Hal ini dikarenakan pada saat pengapplikasian stretagi, banyak yang akan terlibat didalamnya antara leader satu denga lainnya kadang beda pandangan, disinilah pentingnya kondolidasi dan feedback dari para leader agar memiliki pandangan yang sama dan tujuan bersama.

Baca Juga :

Kemampuan yang wajib dimiliki dalam menyusun strategi adalah analisis social, analisis SWOT dan identifikasi isu-isu yang ada. Terdapat beberapa pilihan metode pendekatan yang bisa kita terapkan diantaranya menggunakan analisa SMART, dimana tujuannya untuk menguji dan mengetahui secara kuantitatif dari sebuah strategi ke suati kegiatan bisnis. Dari sini kiya dapat ketahui nilai dari kegiatan bisnis yang bisa terukur. Selanjutnya dengan melakukan SWOT, metode sudah sangat dikenal untuk memecahkan masalah dalam sebuah kondisi, dengan membandingkan faktor internal dan faktor eksternal dan terakhir yang bisa digunakan dengan pendekatan teori optimasi. Dimana teori ini mampu menilai sebuah kondisi juga kendala dalam suatu waktu, berdasarkan sarana prasarana, personil, peralatan dan anggaran.

Sebuah perusahaan akan dilihat kuat dan kokoh ketika mampu secara konsisten dalam pengembangan sumber daya manusianya terutama untuk kemampuan dan investasi jangka panjang. Kemampuan strategik planning ini sangat tepat untuk memenuhi pengetahuan bagi para leader diperusahaan dan bagaimana menwujudkan tujuan bisnis jangka panjang. Maka, pelatihan ini kami kembangkan sedemikian rupa untuk memberikan pengetahuan praktis, pengalaman serta teori dalam perencaan strategi dalam organisasi.

TUJUAN STRATEGIC BUSINESS PLANNING

  1. Mendefinisikan Visi, Misi organisasi
  2. Mendefinisikan proposisi Manajemen SDM dalam sebuah organisasi
  3. Analisa stakeholders dari organisasi dan ekspektasi serta kebutuhannya
  4. Menganalisa SWOT, Balance Scorecard organisasi
  5. Mendefinisikan strategi perencanaan manajemen
  6. Mendefinisikan kompetensi SDM untuk menjalankan strategy perencanaan
  7. Mendefinisikan action plans dan key performance Indicators
  8. Mengembangkan portfolio organisasi

MATERI  TRAINING

  1. Apa itu business stratrgy dan mengapa itu penting ?
  2. Proses Perencanaan Strategi dan Identifikasi stakeholder (Visi & Misi)
  3. External Analysis
  • Memahami customer vs cinsumer analysis
  • Memahami competitor analysis
  • Memahami market analysis – porter analysis
  • Memahami enviroment analysis

4. Internal analysis

  • Memahami value analysis
  • Memahami financial performance
  • Memahami portfolio analysis
  • Merumuskan Tujuan stetagi

5. Formula the strategy : competitive and the five generic competitive strategies

6. Develop the strategy : Strategis for growth

7. Develop the strategy : strategies for Decline

8. Develop the strategy: Other Strategies

9. Successful Business Strategy

PESERTA

Top Management, Business Development Manager, Corporate Planning, dan setiap orang dalam perusahaan yang terkait dalam pembuatan business plan perusahaan

Mari berdiskusi dengan kami untuk merumuskan kebutuhan pelatihan di Perusahaan Anda. WhatsApp Kami sekarang juga dengan klik DI SINI.

× Hai, ada yang bisa Kami bantu? Klik di sini yaa!