BUSINESS NEGOTIATION SKILLS – Kemampuan negosiasi ini sebenernya tanpa kita sadari sering kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya menawar saat membeli sesuatu atau berunding untuk acara keluarga atau masyarakat. Tapi ketika diterapkan dalam sebuah bisnis maka kontek negosiasinya tidak terlepas dengan bisnis lain. Karena suatu bisnis tentu saling berhubungan dan membutuhkan. Untuk dapat mencapai tujuan perusahaan, kerjasama dengan bisnis lain menjadi sebuah hal yang wajar. Oleh karena itu, kemampuan dalam negosiasi menjadi hal yang wajib dikuasai dalam dunia bisnis, bahkan menjadi kemampuan standard untuk setiap level posisi dalam setiap departemen.
Proses negosiasi dimulai ketika akan ada transaksi bisnis seperti transaksi dengan pemasok, produsen, distributor, konsumen dan pihak-pihgak lainnya. Kondisi dimana dua atau beberpa pihak saling memperngaruhi dan berineraksi untuk mendapatkan kesepakatan bisnis dengan tujuan idealnya win-win solution agar semua pihak mendapatkan keuntungan dari traksaksi bisnis. Walaupun pada prakteknya tidak semua proses negosiasi itu ideal, dimana ada pihak yang diuntungkan dan ada pihak yang dirugikan. Tapi terlepas dari semua itu, negosiasi dapat mereduksi itu dan mencari titik temu antara kedua pihak atau lebih ini dalam mencapai kesepakatan.
Baca Juga :
Secara etimologi, kata negosiasi berasal dari bahasa inggris, yang bermakna merundingkan, membicarakan dan menawarkan demi mencapai sebuah kesepakatan. Dalam proses negosiasi pasti dimulai dengan proses diskusi yang dilakukan demi mencapai kesepakatan bersama. Dalam bisnis negosiasi dapat terjadi antara penjual dengan pembeli dan perusahaan dengan karyawannya. Ketika melakukan proses negosiasi, biasanya salah satu pihak yang keberatan atas keputusan, biasanya akan dilanjutkan dengan pihak kedua menanggapi pendapat mengenai yang disampaikan dengan pihak kedua. Jika pihak kedua langsung setuju dengan yang disampaikan pihak pertama, maka negosiasi tidak perlu dilakukan. Jika pihak kedua kurang setuju dan memiliki pendapat lain tentang suatu hal, maka akan dilakukan negosiasi hingga mendapatkan kesepakatan dan proses ini berulang sampai mencapai kata sepakat.
Seorang negosiator harus mampu membaca keadaan saat negosiasi, tahu kapan harus menunggu kapan harus melanjutkan prosesnya. Yang terpenting dalam negosiasi adalah bagaimana cara menyampaikan pendapat namun juga menangkap dan memahami apa yang diinginkan dari lawan bicara. Sehingga sebagai seorang negosiator bisa mengatur strategi lainnya dalam bernegosiasi.
Setidaknya ada beberapa ciri-ciri dalam kegiatan negosiasi seperti melibatkan personal atau perwakilan dari sebuah perusahaan, ada proses perundingan yang memiliki potensi konflik, adanya tukar pendapat, baik tawar-menawar maupun tukar menukar. Biasanya proses negosiasi berlangsung secara tatap muka, menggunakan bahasa lisan dan menampilkan gerak tubuh maupun expresi wajah. Tapi akhir-akhir ini proses negosiasi bisa dilakukan melalui on-line meeting. Selanjutnya ada topik yang dibahas dan akhirnya menghasilkan sebuah kesepakatan. Nah, dalam pelatihan Business Negotiation Skills ini peserta akan diberikan materi dan simulasi negosiasi dalam menciptakan win-win solution.
Mari berdiskusi dengan kami untuk merumuskan kebutuhan pelatihan di Perusahaan Anda. WhatsApp Kami sekarang juga dengan klik DI SINI, atau hubungi WhatsApp 081229750217